Strategi Komunikasi Pemasaran Doktorandus Koffie dalam Menarik Minat Konsumen Penikmat Kopi

Dicky Fajar Purwa Hadi

Abstract


Budaya  minum  kopi  yang  awalnya  berasal  dari  barat  muncul sebagai salah satu   kebutuhan   yang   tidak   terlepaskan   dalam kehidupan  banyak  orang  terutama  para  pencinta  kopi.  Meningkatnya permintaan  terhadap  kopi,  memancing  munculnya berbagai brand  dan  kedai-kedai kopi di sekitar masyarakat. Pengunjung kedai-kedai ini pun tidaklah sedikit,  begitu  pula  dengan  keuntungan  yang  didapat  oleh  produsen. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini secara purposive mengambil studi kasus di Doktorandus Koffie yang sudah menggunakan beberapa kegiatan komunikasi pemasaran terpadu. Sumber data pada penelitian ini adalah narasumber, dan observasi lapangan. Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, pencatatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya untuk mengetahui masing-masing kegiatan Integrated Marketing Communication yang dilakukan oleh Doktorandus Koffie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Doktorandus Koffie merupakan kegiatan yang saling berhubungan dan saling mendukung untuk menginformasikan Doktorandus Koffie kepada para konsumen dan menarik minat konsumen.


References


Kartajaya, H. (2007). Memenangkan Persaingan dengan Segitiga Positioning, Diferensiasi dan Brand, Bandung: Mizan Pustaka.

Kholisoh, N., Primasari, P.R. (2018). Strategi Komunikasi untuk Meraih the Best Branch Service Excellent pada Bank Mandiri Jakarta Cikini, Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 41-56.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Kurniawan, F.R., Setyowati., & Ihsaniyati, H. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Usaha Kedai Susu Mom Milk untuk Menarik Minat Konsumen. SEPA, 13(2), 167 – 177.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2014). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Puspita. I.M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 19-26.

Raharjo, B.T. (2013). Analisis Penentu Ekspor Kopi Indonesia. Skripsi Universitas Brawijaya, Malang.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Supriyanto, W. (2019). Strategi Komunikasi Internal PDAM Tirta Satria Mengatasi Keluhan Pelanggan, Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 48-53.

Suwarsono, M. (2002). Manajemen Strategi: Konsep dan Kasus, Edisi Ketiga. UPP AMP YKPN: Yogyakarta.

Theresiana, L., & Setyanto, Y. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab and Shop untuk Menarik Konsumen. Prologia, 2(2), 392 – 399.




DOI: https://doi.org/10.25008/jpi.v2i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dicky Fajar Purwa Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Indexed by:
Google Scholar

Copyright of Jurnal Pewarta Persatuan Wartawan Indonesia


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia Gedung Dewan Pers lt. 4 Jl. Kebon Sirih No. 34 Telp. 3453131; 3862041 Faks 3453175 www.pwi.or.id


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)