Menjembatani Desa Prioritas Nasional dan Konsep Travel 2.0

Herlina Sukmawati, Praja Firdaus Nuryananda

Abstract


Travel 2.0 merupakan konsep pariwisata yang menggunakan media sosial dan internet sebagai gerbang pembuka promosi pariwisata. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami konsep ini secara utuh. Tidak liniernya pemahaman konsep travel 2.0 dengan aplikasinya terjadi pada usaha Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sepraga di Desa Tegaren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek untuk membangkitkan pariwisata embung Banyu Lumut. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, studi ini berusaha untuk memberi sorotan pada ketidaksesuaian lapangan dengan kesiapan konsep keilmuan yang sudah ada. Media sosial dan internet memberikan perubahan yang besar terhadap pemasaran pariwisata. Jika dulu pariwisata tidak beda dengan pemasaran langsung dari produsen kepada konsumen, maka dengan travel 2.0, pemasaran berpusat pada sesama konsumen (peer-to-peer marketing). LMDH bisa mengembangkan pariwisata secara maksimal dengan adanya kelompok sadar wisata (pokdarwis). Namun, pokdarwis Desa Tegaren tidak bisa terbentuk karena adanya ganjalan administrasi dan struktural negara. Studi ini, tidak hanya memberi sorotan, namun  juga memberikan saran untuk mengembangkan konsep peer-to-peer dalam pengembangan pariwisata.

Full Text:

PDF

References


Easton, David. (1984). Kerangka Kerja Analisis Sistem Politik. Jakarta: Bina Aksara.

Gretzel, U., K. Hyan-yoo, dan M. Purifoy. (2008). Online Review Travel Study: The role and impact of online travel reviews, dalam Laboratory for Intelligent Systems in Tourism, Collage Station.

Jansson, Andre. (2007). A Sense of Tourism: New Media and the Dialectic of Encapsulation/Decapsulation, Jurnal Tourist Studies. 7 (5).

Klein, Naomi. (2000). No Space, No Choice, No Jobs, No Logo. London: Flamingo.

Miguens, J., R. Baggio, dan C. Costa. (2008). Social media and Tourism Destinations: TripAdvisor Case Study. Advances in Tourism Research 2008, Aveiro, 26-28 May.




DOI: https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of Jurnal Pewarta Persatuan Wartawan Indonesia


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia Gedung Dewan Pers lt. 4 Jl. Kebon Sirih No. 34 Telp. 3453131; 3862041 Faks 3453175 www.pwi.or.id


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)